Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Tata Cara Pelaksanaan Sholat Dhuha

Posting Komentar

 

Salah satu sholat sunnah yang biasa dilakukan sehari-hari oleh umat muslim adalah sholat Dhuha. Ada banyak keutamaan melaksanakan sholat dhuha, dimana sholat dhuha dianggap sebagai ladang memperoleh keberuntungan dunia dan akhirat.

Waktu Pelaksanaan Sholat Dhuha

Lalu, mulai dari kapan dan batas waktu sholat Dhuha?

Sholat dhuha dilakukan setelah beberapa jam sejak matahari terbit hingga condong ke barat. Waktu pelaksanaan sholat dhuha di Indonesia, terbentang selama beberapa jam setelah 20 menit matahari terbit hingga 15 menit sebelum waktu dhuhur. 

Ada waktu yang terbaik untuk mengerjakan sholat dhuha, yakni di waktu seperempat siang Idi waktu akhir), hal ini ditandai dengan sinar matahari yang semakin panas. 

Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan Zaid bin Arqam:

“Tidaklah mereka mengetahui bahwa sholat diselain waktu ini lebih utama. Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alahi wasallam bersabda, ‘sholat orang-orang awwabin (taat pada Allah) adalah ketikan anak unta mulai kepanasan.” (HR. Muslim). 

Tata Cara Sholat Dhuha 2 Rakaat

Sholat dhuha bisa dilaksanakan sedikitnya 2 rakaat dan paling banyak 8 rakaat dengan satu kali salam. Berikut tata cara sholat dhuha 2 rakaat: 

Rukun Rakaat Pertama


1. Niat Sholat Dhuha

Niat sholat Dhuha cukup dalam hati saja.

2. Takbiratul Ihram

Allahu Akbar

3. Doa Iftitah

Subhanakallahumma wabihamdika watabaarokasmuka wata’aalaa jadduka walaa ilaaha ghoiruka

4. Membaca surat Al Fatihah

“Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi robbil ‘aalaminn. Arrohmaanirrohiim. Maaliki yaumiddiin. Iyyaka na’budu wa iyyaa kanasta’iin. Ihdinashshirootolmustaqiim. Shirotolladziina an ‘amta ‘alaihim ghoirulmaghduubi ‘alaihim waladhdhoolliin.”

5. Membaca surat dari Al Quran yang dihafal

6. Ruku dengan tuma’ninah

Subhaana robbiyal ‘adziim (dibaca 3 kali)

7. Itidal

Robbanaa walakalhamdu hamdan katsiron thayyiban mubaarokan fiihi

8. Sujud pertama

Subhaana robbiyal a’laa (dibaca 3 kali)

9. Duduk diantara dua sujud

Robbighfirli, Robbighfirli

10. Melakukan sujud kedua

Subhaana robbiyal a’laa (dibaca 3 kali)

11. Berdiri lagi untuk melakukan rakaat kedua

Rukun Rakaat Kedua

1. Takbir dan ulangi poin 4-10

2. Duduk tahiyat akhir

Attahiyyaatu Lillahi Washshalawaatu Waththayyibaat. Assalaamu ’Alaika Ayyuhannabiyyu Wa Rahmatullahi Wa Barakaatuh. Assalaamu ‘Alainaa Wa ’Alaa ‘Ibaadilaahish Shaalihiin Asyhadu An Laa Ilaaha Illallah Wa Asyhadu Anna Muhammadan Abduhu Wa Rasuluhu. Allahumma Sholli ‘Alaa Muhammad Wa ‘Alaa Aali Muhammad Kamaa Shollaita ‘Alaa Ibrahim Wa ‘Alaa Aali Ibrahim Innaka Hamidum Majid. 

3. Mengucapkan salam

Assalaamu ‘alaikum warohmatullah

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha

Setelah selesai melaksanakan sholat dhuha, selanjutnya Anda bisa membaca doa berikut ini:

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahumma innad Dhuha-a Dhuha-uka, wal baha-a baha-uka, wal jamala jamaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ismata ‘ismatuka. Allahumma in kana rizqi fis sama-i fa-anzilhu, wa in kana fil ardhi fa akhrijhu, wa in kana mu’assaron fa yassirhu, wa in kana haroman fathohhirhu, wa in kana ba’idan faqorribhu, bihaqqi Dhuha-ika, wa baha-ika, wa jamalika, wa quwwatika, wa qudrotika, aatini ma atayta ‘ibadakas sholihin

Artinya: "Ya Allah, bahwasannya waktu Dhuha itu adalah waktu Dhuha-Mu, dan keagungan itu adalah keagungan-Mu, dan keindahan itu adalah keindahan-Mu, dan kekuatan itu adalah kekuatan-Mu, dan perlindungan itu adalah perlindungan-Mu. Ya Allah, jika rizkiku masih di atas langit, maka turunkanlah, jika masih di dalam bumi, maka keluarkanlah, jika masih sukar, maka mudahkanlah, jika (ternyata) haram, maka sucikanlah, jika masih jauh, maka dekatkanlah, Berkat waktu Dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hambaMU yang sholeh."

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar