Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Langkah Menghemat Biaya Renovasi Rumah Agar Tidak Semakin Membengkak

Posting Komentar

 

Hal yang wajar jika seandainya seseorang ingin tinggal di sebuah hunian yang nyaman serta pastinya bagus, karena rumah adalah tempat untuk berpulang dan istirahat, berkumpul bersama dengan anggota keluarga lainnya. Namun juga tidak dapat dipungkiri jika seandainya untuk melakukan renovasi rumah juga membutuhkan biaya yang jumlahnya tidak sedikit. Biaya renovasi rumah ini mulai dari angka puluhan sampai dengan ratusan juta rupiah, tergantung dari jenis renovasi yang ingin dilakukan.

Tips Hemat Biaya Untuk Renovasi Rumah

Sering kali yang terjadi di lapangan adalah biaya yang sudah dipersiapkan untuk kegiatan renovasi kurang, karena anggaran membengkak digunakan untuk hal-hal yang tidak terprediksikan sebelumnya. Ini adalah hal yang cukup umum terjadi pada saat Anda ingin melakukan renovasi sebuah hunian. Namun tidak perlu khawatir karena berikut ini diantaranya ada beberapa langkah untuk menghemat anggaran renovasi, yaitu:

1. Kelola sendiri tanpa menggunakan jasa ahli seperti arsitek atau kontraktor, apalagi jika seandainya kegiatan renovasi yang dilakukan tersebut tidak besar, melainkan hanya renovasi biasa. Karena bagaimanapun juga ketika memakai jasa ini maka ada beban biaya tambahan yang nantinya harus siap Anda tanggung.

2. Susun anggaran secara tepat, jangan langsung eksekusi renovasi tanpa melakukan perencanaan secara matang terlebih dahulu, karena pada dasarnya tanpa perencanaan secara matang inilah yang kerab kali membuat beban biaya membengkak kian mahal. Mulai dari bagian mana yang ingin direnovasi, biaya material sampai dengan tukang dapat diperhitungkan disini, tambah juga kisaran 10 persen dengan kemungkinan nantinya a anggaran akan membengkak semakin tinggi.

3. Manfaatkan material bekas yang masih bagus, selanjutnya adalah tidak ada salahnya untuk memanfaatkan material yang masih bagus atau bahan bekas, dibandingkan dengan harus membeli yang baru. Sehingga nantinya hal ini akan mengurangi beban biaya untuk material atau bahan bangunan tersebut.

4. Selektif dalam memilih tukang yang akan digunakan, jasa tukang ini nyatanya juga memakai proporsi yang cukup besar dalam melakukan renovasi hunian, sehingga penting bagi Anda untuk menggunakan tenaga yang tepat, seperti diantaranya adalah ada tukang harian serta tukang borongan, jika memulai proses pembangunan lebih hemat pilih tukang borongan karena pekerjaan cepat, namun untuk finishing akan lebih rapi dengan memakai jasa tukang harian.

5. Selektif dalam memilih material yang digunakan, dimana hal ini sangat berpengaruh terhadap biaya renovasi rumah yang harus dikeluarkan. Seperti untuk lantai ada pilihan keramik biasa, granit sampai dengan marmer, dimana hal ini berpengaruh juga terhadap harganya. Sehingga harus dipertimbangkan baik-baik pada saat ingin membelinya.

Cara Mendapatkan Dana Renovasi

Sebenarnya ada beberapa alternatif cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan dana atau uang yang dapat dipakai untuk kegiatan renovasi ini, diantaranya adalah:

1. Gunakan uang tabungan, jauh-jauh hari maka Anda bisa mulai mempersiapkan untuk menabung uang terlebih dahulu, sehingga nantinya dari uang tabungan yang sudah terkumpul tersebut bisa dipakai untuk kebutuhan renovasi hunian secara mudah.

2. Jual aset Anda, bisa juga dipersiapkan dengan cara menjual aset berharga yang dimiliki, seperti diantaranya adalah kendaraan sampai dengan properti, sebenarnya tergantung dari renovasi yang akan dilakukan, apakah memang kebutuhan biayanya besar ataukah tidak. Sehingga nantinya bisa menggunakan aset tersebut.

3. Ajukan pinjaman, bisa juga mendapatkan sejumlah uang yang bisa dipakai untuk melakukan renovasi ini dengan cara mengambil pinjaman dari bank. Apalagi tidak dapat dipungkiri juga jika seandainya tersedia banyak produk pinjaman yang bisa dipakai untuk mendapatkan dana renovasi, seperti diantaranya adalah dengan KTA, kredit multiguna ataupun pinjaman khusus untuk renovasi.

Memang tidak bisa dipungkiri jika seandainya biaya renovasi rumah ini besar, sehingga terkadang masing ada kurangnya, pinjaman seperti KPR renovasi bisa Anda jadikan sebagai solusi terbaik, diantaranya adalah melalui produk yang ditawarkan oleh bank BCA. Bahkan sebenarnya kredit yang satu ini juga bisa Anda dapatkan secara lebih mudah, yaitu dengan mengajukan secara online, cek syarat dan ketentuan yang berlaku agar pengajuan Anda bisa langsung approve.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar