Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Manfaat Ganti Oli Mesin Motor Secara Teratur

6 komentar

Suatu hari saat mau pulang kerja teman saya tiba-tiba motornya tidak mau hidup. Teman-teman saya bergantian untuk menghidupkan sepeda motornya namun tetap tidak hidup juga. Terpaksalah dibawa ke bengkel saat itu juga untuk mengetahui kerusakannya. Dan teman saya akhirnya meninggalkan sepeda motornya di bengkel dan pulang ikut teman saya yang lainnya.

Melihat kejadian itu saya jadi tersadar tentang pentingnya melakukan perawatan rutin untuk sepeda motor, seperti menganti oli secara berkala. Sebab jika oli tidak diganti maka akan berdampak pada noken as dan pelatuk. Ini merupakan komponen penting dalam mesin. Jika komponen ini mengalami kerusakan bisa mengurangi keawetan mesin dan menyebabkan mesin tiba-tiba mati. 

Oli mesin yang diganti secara berkala dapat menjaga kondisi mesin agar tetap sehat. Karena oli bisa mengurangi gesekan berlebih pada komponen sepeda motor dan mendinginkan mesin. Selain itu, ada banyak manfaat dari ganti oli rutin. Apa saja manfaatnya? Yuk simak artikel berikut ini.

Manfaat ganti oli secara rutin

Mesin terjaga

Keuntungan pertama dari ganti oli secara rutin adalah komponen mesin selalu terjaga. Pasalnya oli memiliki fungsi sebagai pelumas utama untuk berbagai komponen mesin sepeda motor agar terhindar dari gesekan berlebihan saat mesin digunakan. Jika pelumasan tidak maksimal maka gesekan antar komponen akan meningkat dan bisa berdampak pada kerusakan yang serius.

Suhu mesin terjaga

Jika terasa ada hawa panas disekitar mesin saat motor digunakan tentu akan membuat kita tidak nyaman. Hawa panas ini muncul bisa disebabkan karena kualitas oli yang salah dan juga karena oli yang seharusnya diganti tidak diganti. Tapi jika kita melakukan ganti oli secara rutin masalah ini bisa kita hindari karena oli yang baru memiliki kinerja yang optimal dalam menjaga suhu mesin agar tetap stabil.

Irit bahan bakar

Kalau teman-teman merasa bahan bakar terasa lebih banyak dari biasanya, salah satu sebabnya adalah karena telat ganti oli. Ganti oli yang telat ini menyebabkan panas pada mesin dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Namun jika kita rutin melakukan ganti oli kita bisa terhindar dari masalah tersebut dan oli baru membuat konsumsi bakar bakar jadi lebih efisien 

Membersihkan Mesin

Selain sebagai pelumas oli juga bisa berfungsi sebagai pembersih mesin. Oli lama kemampuannya dalam mengangkut kotoran menurun. Sehingga dapat menyebabkan penumpukan kotoran dalam mesin yang bisa merusak komponen mesin.

Memperpanjang Umur Mesin

Agar usia mesin motor kita panjang, ganti oli secara rutin merupakan salah satu caranya. Karena oli mesin yang tetap bersih dan berkualitas membuat mesin terawat. Tentu saja mesin yang terawat akan dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama karena mesinnya awet dan tidak muncul permasalahan yang serius.

Hemat Biaya Perawatan

Meskipun kita harus mengeluarkan biaya rutin untuk ganti oli, namun biaya penggantian oli secara rutin relatif lebih murah dibandingkan dengan biaya perbaikan mesin yang lain. Ganti oli rutin bisa menjadi solusi agar kita terhindar dari biaya kerusakan akibat kurangnya pelumasan atau akibat kotoran yang menumpuk yang biasanya biaya jauh lebih besar.

Ganti Oli Motor Honda Supra X 125 di Planet Ban

Bagi pemilik sepeda motor ganti oli secara rutin merupakan perawatan penting yang harus dilakukan. Oli adalah cairan penting yang berfungsi untuk melumasi dan melindungi berbagai komponen mesin dari gesekan dan menjaga suhu mesin agar tetap berada pada kondisi yang ideal. Untuk memastikan agar mesin tetap bekerja secara optimal dan awet, maka ganti oli rutin adalah kuncinya.  


Ganti oli rutin ini berlaku untuk semua jenis kendaraan bermotor baik itu motor matic maupun motor bebek seperti supra X 125. Sebagai layanan terpercaya dalam perawatan sepeda motor, Planet ban menawarkan pengalaman yang dapat diandalkan dalam mengganti oli supra X 125 agar performa sepeda motor tetap optimal saat digunakan.

Tidak hanya menawarkan layanan ganti oli yang cepat dan efisien, tetapi Planet Ban juga menyediakan tenaga teknisi berpengalaman yang terlatih secara profesional. Dengan menggunakan oli berkualitas tinggi dan teknisi yang sudah berpengalaman kita dapat yakin bahwa kita bisa mendapatkan perawatan yamg terbaik untuk sepeda motor kita. 

Yuk segera kunjungi planet ban terdekat untuk mendapatkan layanan terbaik bagi sepeda motor kalian.

Related Posts

There is no other posts in this category.

6 komentar

  1. Motor mati mendadak, atau kalo di Medan kami menyebutnya _game over_
    Nah ini pengalaman pribadi suamiku banget mba. Sampe kering itu oli dia lupa mengganti dan mati mendadak lah itu motor.
    Padahal kalo dirawat dan diganti olinya secara teratur, mesin jadi lebih awet dan sehat.

    BalasHapus
  2. Iyes, memnag penggantian oli mesin secara berkala bikin mesin motor sehat ya...Senangnya sudah ada layanan ganti oli yang cepat dan efisien di Planet Ban yang juga menyediakan tenaga teknisi berpengalaman yang terlatih secara profesional.

    BalasHapus
  3. Sepeda motor memang harus rutin mengganti olinya agar fungsi mesin dapat bekerja dengan baik jangan sampai lupa rajin-rajin ganti oli motornya

    BalasHapus
  4. Ganti oli secara berkala dipercaya juga bisa memperpanjang usia kendaraan ya. Service secara berkala bisa mempercepat diketahui kalau ada kerusakan atau masalah. Jadi bisa segera ditanggulangi juga. Bahaya untuk berkendara kalau ada kerusakan terus dibiarkan

    BalasHapus
  5. Huhuhu baca artikel ini saya jadi teringat kak dulu cerobohnya lupa ganti oli sampe harus turun mesin.
    Sebaiknya untuk ibu-ibu yang suka banyak kali pikiran harus pake pengingat untuk ganti oli 😁

    BalasHapus
  6. jujur soal oli motor ini aku jarang banget merhatiin. pernah sampe mau kering tinggal beberapa tetes doang. setelah baca artikel ini ternyata penting banget ya buat selalu cek kondisi oli dan ganti secara rutin. pantes aja sih, bahan bakar juga kaya kelihatan boros sama knalpot mesin kaya panas banget padahal cuma dipakai bentar.

    BalasHapus

Posting Komentar